Cara Mencegah dan Mengatasi Jerawat

Jerawat menjadi momok atau masalah serius bagi setiap orang, khususnya para wanita atau mereka yang sangat mempedulikan penampilan atau kecantikan wajah. Jerawat bisa mengganggu dan menurunkan rasa percaya diri. Selain membuat wajah tidak sedap dipandang, kadang juga terasa sakit, bahkan jerawat bisa merusak kulit wajah karena menimbulkan bekas.

Lalu, apa definisi dari jerawat? Jerawat atau Acne Vulgaris adalah suatu jenis penyakit kulit akibat produksi minyak yang berlebihan atau sumbatan pada pori-pori kulit yang menimbulkan kantung nanah yang meradang.

Jerawat terdiri dari dua jenis, yaitu komedo dan jerawat. Komedo ada dua tipe: komedo terbuka (blackhead), terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam; dan komedo tertutup (whitehead), memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil. Jerawat jenis komedo muncul akibat sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit.

Sedangkan jerawat sendiri ada dua macam, jerawat biasa dan jerawat batu (cystic agne). Jerawat biasa berupa bintik/tonjolan kecil berwarna kemerahan atau merah muda. Penyebabnya adalah pori-pori yang tersumbat terinfeksi oleh bakteri jenis propionibacterium acne. Stres, hormon dan udara yang lembab memperbesar kemungkinan terjadinya jerawat jenis ini. Jerawat batu adalah jerawat yang bentuknya besar-besar disertai dengan peradangan hebat. Secara genetik penderita jerawat batu memiliki kelenjar minyak overactive yang membanjiri pori-pori kulit dengan minyak; pertumbuhan sel-sel kulit tidak normal yang tidak bisa beregenerasi secepat kulit normal; dan respon berlebihan terhadap peradangan sehingga meninggalkan bekas di kulit.

Faktor Penyebab Timbulnya Jerawat: Produksi minyak berlebihan, sel-sel kulit mati, infeksi, bakteri, pemakaian kosmetik, obat-obatan, stress, hormonal, telepon genggam, diet dan makanan.

Bagaimana cara mencegah timbulnya jerawat?

1. Menjaga kebersihan kulit dengan mandi atau mencuci wajah dengan sabun minimal dua kali sehari. Juga jangan terlalu sering mencuci wajah karena bisa mengurangi kelembaban yang dibutuhkan kulit. Selain itu, dapat melakukan perawatan wajah dengan menggunakan masker.

2. Banyak minum air putih, minimal 2 liter sehari untuk mencegah dehidrasi atau menjaga kelembaban kulit.

3. Jauhi stress dan berolahraga secara teratur.

4. Banyak makan sayuran dan buah-buahan. Hindari makanan yang mengandung yodium, gula (makanan manis), dan kopi, kacang, cokelat, serta minuman berkarbonisasi.

5. Rutin mencuci handuk wajah, bantal, dan helm.

Cara mengatasi jerawat:

1. Kulit wajah harus selalu bersih saat berada di rumah.

2. Jangan menekan atau memecahkan jerawat, juga jangan sering disentuh, apalagi tangan dalam keadaan kotor.

3. Jangan memakai kosmetik atau riasan wajah saat tidur.

4. Perawatan wajah secara rutin tiap dua minggu sekali akan mempercepat penyembuhan jerawat. Pakailah produk rekomendasi dokter atau yang sudah terdaftar di BPOM. Jangan sembarangan memakai krim atau produk perawatan wajah. Keliru memilih akan memperparah masalah di wajah Anda.

5. Menggunakan metode dan pengobatan kimia dan herbal/berbahan alami untuk penyembuhan. Moment Glucogen menjadi salah satu solusi tepat untuk mengatasi jerawat dengan metode alami/herbal. Glucogen bagus untuk menyembuhkan jerawat karena mengandung Glutathione precursor yang merupakan anti oksidan alami dalam tubuh.